Jumat, 27 Maret 2020

Membuat Bangunan Dengan Pondasi Batu Kali Memiliki Banyak Keuntungan



Sebuah hunian akan ditinggali bukan  untuk sebentar. Kita akan menetap lama bahkan selamanya di hunian tersebut. Hunian digunakan sebagai tempat untuk beristirahat setelah lelah melakukan aktivitas, sebagai tempat berkumpul, dan untuk melakukan suatu kegiatan. Oleh karena itu hunian tersebut harus kuat dan kokoh. Kita harus hati hati untuk memilih hunian. Apalagi untuk kamu yang memutuskan untuk membuat dari awal hunian yang akan ditinggali. Kamu harus memperhatikan secara khusus mulai dari pemilihan bahan sampai proses pengerjaan. 

Salah satu hal penting dari bangunan adalah pondasi. Pondasi merupakan salah satu konstruksi bangunan yang digunakan untuk menempatkan bangunan serta meneruskan beban. Beban tersebut disalurkan melalui atas ke tanah. Untuk itulah pondasi menjadi hal yang penting. Dan berikut adalah jenis - jenis dari pondasi

1.  Jenis pondasi bangunan tapak
Jenis pondasi ini biasanya dibuat dalam bentuk bulat, melingkar, ataupun persegi. Namun pondasi ini juga dapat dibangun bertingkat

2.  Jenis pondasi sebuah rumah jalur
Pondasi ini digunakan untuk bangunan dengan beban yang memanjang. Dan jenis pondasi yang satu ini dibangun dengan bentuk trapesium ataupun persegi.

3.  Pondasi rumah dengan jenis rakit
Pondasi ini digunakan untuk menampung beban di area luas.

Itu adalah beberapa jenis pondasi. Setelah mengetahui jenisnya kamu juga harus mengetahui material yang digunakan untuk membuat pondasi. Salah satu material yang biasanya digunakan untuk membuat pondasi adalah batu kali. Pondasi batu kali memiliki kekurangan dan kelebihan. Dan berikut kekurangan serta kelebihan yang akan didapatkan jika menggunakan pondasi dengan material ini.

1) Kekurangan yang akan didapatkan jika menggunakan pondasi yang bermaterial batu kali

a) Pondasi dengan menggunakan batu kali akan menimbulkan keretakan
   Penyebab retakan yang terjadi bisa karena pergeseran  tanah, akar sebuah pohon,  atau terjadinya gempa bumi. Hal - hal tersebut dapat menyebabkan keretakan pada bangunan yang bisa membahayakan dalam jangka waktu yang panjang. 

b) Pondasi dengan menggunakan batu kali kurang baik untuk mencengkeram
Karena bentuk batu kali yang bulat dan tersimpan di tanah. Membuat batu ini kurang baik untuk saling mencengkeram jika sudah di satukan. 

c)  Kurang cocok jika digunakan untuk bangunan bertingkat.
d)  Jika pondasi ini terendam air. Maka ketahanannya akan berkurang.

Namun dibalik kekurangan  pondasi batu kali, pondasi ini juga mempunyai banyak kelebihan. Dan berikut adalah kelebihan dan manfaat yang bisa diambil jika menggunakan pondasi bermaterial batu kali. 

2)    Kelebihan yang akan didapatkan jika menggunakan  pondasi yang bermaterial batu kali

a. Ketika menggunakan pondasi yang bermaterial batu kali. Kemungkinan untuk terjadi kebocoran kecil. Jika terjadi banjir, pondasi ini lebih aman dibanding jenis lainnya. Untuk itu pondasi ini dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman. 

b. Biaya pembuatan pondasi lebih kecil
Dalam proses pembuatannya, bahan yang digunakan  tidak terlalu banyak. Sehingga biaya yang dikeluarkan pun kecil. 

c. Waktu mengerjakan pondasi jenis ini cepat. Jika kamu mengharapkan pembangunan yang cepat, maka pondasi jenis ini sangat tepat. Selain proses pengerjaan yang tidak terlalu lama, proses pengeringannya juga cepat. 

d. Pembuatannya bisa disesuaikan  dengan keinginan. Batu kali adalah batu yang berasal dari perut bumi. Sehingga dalam proses pengerjaannya Dapat mengikuti lebar yang diinginkan.

Itulah tadi beberapa hal tentang pondasi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat khususnya untuk kau yang sedang berkeinginan untuk membuat bangunan.


EmoticonEmoticon